Pembahasan Soal SBMPTN Biologi. Berikut ini adalah pembahasan soal Biologi SBMPTN untuk kode soal 124. Untuk soal-soal sebelumnya telah di posting pada blog ini. Harapan admin dengan adanya soal pembahasan sbmptn yang tersedia, adik-adik bisa lebih mudah dalam memahami bentuk-bentuk soal sbmptn biologi.

Soal Sbmptn Biologi No.56
Hewan karnivora seperti serigala memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem padang rumput melalui pengendalian populasi hewan herbivora seperti kelinci.
SEBAB
Tanpa kehadiran hewan karnivora, dipastikan populasi kelinci akan tak terbatas jumlahnya tanpa ada yang menghalangi.

Pembahasanan:
Pernyataan di atas benar, serigala sangat berperan penting dalam menekan populasi kelinci dalam suatu rantai makanan pada ekosistem padang rumput. Alasan atau sebab salah, serigala bukan satu-satunya hewan karnivora yang dapat mengendalikan populasi hewan herbivora seperti kelinci.
Jawaban: C

Soal Sbmptn Biologi No.57
Semakin tua usia kehamilan, kadar hormon estrogen akan meningkat, sedangkan progesteron semakin sedikit.
SEBAB
Estrogen bersifat merangsang uterus untuk berkontraksi, sedangkan progesteron sebaliknya.

Pembahasan:
Pada masa awal kehamilan kadar hormon progesteron akan meningkat, hal ini diperlukan untuk mempertebal dinding rahim tempat menempelnya embrio (endometrium). Sementara itu, saat usia kehamilan sudah tua (menjelang kelahiran), kadar hormon progesteron akan menurun agar dapat meluruhkan endometrium. Maka pada soal di atas pernyatan benar namun alasan/sebab salah.
Jawaban: C

Soal Sbmptn Biologi No.58
Manakah pemyataan berikut yang terkait dengan kaidah biologi?
(1) Orang yang berpuasa banyak menghasilkan ADH.
(2) Kerusakan reseptor insulin menyebabkan produk ATP berkurang.
(3) Hormon kortisol berfurigsi menjaga tekanan darah.
(4) Protein tidak terdapat pada urin.

Pembahasan:
  • ADH adalah hormon yang mengatur kadar air dalam tubuh, saat berpuasa tubuh akan menghasilkan ADH (Antidiuretic Hormon) untuk mencegah keluarnya cairan dan menjaga agar tekanan darah tidak menurun.
  • ATP: Resptor insulin adalah tempat menempelnya insulin pada suatu sel agar bisa mengaktifkan GLUT (Glucose transporters). GLUT berfungsinya memasukkan glukosa ke dalam sel untuk dimetabolisme. Metabolisme glukosa akan menghasilkan ATP. Jika reseptor insulin tidak ada, maka semua proses diatas tidak dapat terjadi sehingga ATP berkurang.
  • Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional. Tidak hanya itu, hormon kortisol akan membantu mempertahankan tekanan darah tetap normal, sekaligus mengendalikan kadar gula darah dengan melepaskan insulin
  • normalnya protein memang tidak terdapat pada urin. protein bisa terdapat pada urin hanya pada kondisi tertentu saja, yang disebut proteinuria. Proteinuria (albuminuria) merupakan suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal.

Soal Sbmptn Biologi No.59
soal biologi sbmptn
Perhatikan gambar profil sidik jari DNA dalam satu keluarga di atas! Manakah penjelasan berikut yang tepat berkaitan dengan gambar tersebut?
(1) Profil pita DNA pada anak anak bervariasi.
(2) Terdapat profil pita DNA khas pada masing-masing anak.
(3) Variasi profil pita DNA dapat ditentukan berdasarkan maternal dan paternal.
(4) Profil pita DNA pada anak laki-laki mengikuti DNA paternal.

Pembahasan:
Profil sidik jari DNA dalam satu keluarga dapat digunakan untuk menentukan hubungan kekerabatan secara turun-menurun, baik kekerabatan paternal (pihak ayah) maupun kekerabatan maternal (pihak ibu). Profil sidik jari DNA pada tiap-tiap anak dalam satu keluarga memang bervariasi dan mempunyai ciri khas tersendiri. Namun demikian, setiap anak pasti membawa sifat yang diturunkan, baik dari ibu maupun ayah. Sehingga variasi profil pita DNA dapat ditentukan secara maternal maupun paternal.
Jawaban: A

Soal Sbmptn Biologi No.60
Fermentasi merupakan teknik bioteknologi konvensional yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemyataan berikut yang menjelaskan tentang fermentasi adalah...
(1) terjadi modifikasi DNA substrat
(2) mengurai senyawa kompleks menjadi sederhana
(3) tidak mengubah fisik substrat
(4) menghasilkan asam dan gas

Pembahasan:
  • Bioteknologi Konvensional adalah bioteknologi yang prosesnya memanfaatkan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan suatu produk. Proses bioteknologi konvensional dapat mengubah kandungan gizi pada makanan sehingga memberikan nilai tambah bagi makanan tersebut. Fermentasi adalah salah satu contoh dari proses bioteknologi konvensional, produk yang dihasilkan misalnya adalah tempe dan nata de coco
  • Bioteknologi Modern adalah bioteknologi yang menggunakan peralatan modern untuk menciptakan suatu produk. Bioteknologi modern sangat sarat dengan rekayasa genetik atau metoda DNA rekombinan. Contoh produk yang dihasilkan misalnya vaksin dan semangka tanpa biji.

    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa poin no (1) adalah ciri dari bioteknologi modern. Maka dengan demikian poin no (3) juga demikian. Sehingga yang menjadi penjelasan tentang fermentasi atau bioteknologi konvensional adalah poin no (2) dan (4).
    Jawaban: C
Pembahasan Soal SBMPTN 2017 Biologi No.46-49
Pembahasan Soal SBMPTN 2017 Biologi No.50-55


EmoticonEmoticon