Soal SBMPTN Biologi dan Pembahasan. Berlatih dan membahas soal-soal biologi sangat penting dalam menghadapi ujian sbmptn. Kebiasaan melatih diri dengan berbagai macam soal dan pembahasan akan memudahkan kita pada saat ujian yang sesungguhnya. Berikut ini beberapa soal biologi sbmptn yang sudah lengkap dengan pembahasannya, silahkan dipelajari.

Soal Biologi Sbmptn No.1 (2016)
Komponen sel bakteri Escherichia coli yang berperan dalam pembentukan energi adalah...
A. mitokondria
B. mesosom
C. membran sel
D. lisosom
E. badan Golgi

Pembahasan:
Escherichia coli adalah bakteri yang merupakan contoh dari bakteri yang memiliki sel prokariotik. Escherichia coli memiliki struktur sel yang mewakili sel prokariotik yaitu meliputi dinding sel, membran plasma, sitoplasma, mesosom, ribosom, DNA, dan flagela. Mesosom terbentuk dari membran plasma yang melekuk ke dalam pada tempat tertentu dan akhirnya membentuk organel mesosom. Mesosom memiliki fungsi sebagai penghasil energi.
Jawaban: B

Soal Biologi Sbmptn No. 2 (2017)
Pernyataan berikut yang berkaitan dengan produksi energi terbarukan dari mikroorganisme fotosintetik adalah...
A. Saccharomyces sp. menghasilkan bioetanol.
B. Methanothrix sp. menghasilkan gas metan.
C. Lactobacillus sp. menghasilkan asam asetat.
D. Hydrogenobacter sp. menghasilkan gas hidrogen .
E. Chlorella sp. menghasilkan biodisel.

Pembahasan:
Chlorella sp adalah jenis mikroorganisme fotosintetik yang mengandung minyak sekitar 28-32 % dari berat kering yang dapat digunakan untuk mengkatalisis triglyceride menjadi methyl ester (biodiesel) dengan mekanisme transterifikasi. Biodisel merupakan salah satu jenis energi terbarukan.
Jawaban: E

Soal Biologi Sbmptn No.3 (2016)
Bagian biji yang triploid (3n) pada kacang tanah (Arachis hypogaea) adalah...
A. ovule
B. embrio
C. ovarium
D. endosperm
E. daging buah

Pembahasan:
Endosperma atau endosperm adalah bagian biji yang termasuk triploid (3n) pada kacang tanah. Endosperm ini berguna untuk cadangan energi bagi embrio.
Jawaban: D

Soal Biologi Sbmptn No.4 (2017)
Daun merupakan organ tumbuhan yang berperan dalam proses fotosintesis dan transpirasi. Struktur daun yang mendukung kedua peran tersebut adalah...
A. susunan sel pada jaringan mesofil yang rapat
B. perbandingan luas area dan volume daun yang besar
C. stomata mengatur fungsi sel penjaga dalam transpirasi
D. luas pori stomata 30% dari luas permukaan bawah daun
E. transpirasi yang rendah pada permukaan daun yang luas

Pembahasan:
Proses fotosintesis memerlukan cahaya matahari sebagai sumber energi utama, sehingga luas area daun akan sangat berpengaruh terhadap proses ini. Semakin luas daun maka cahaya yang akan ditangkap juga semakin banyak sehingga proses fotosintesis akan berlangsung lebih cepat. Selanjutnya, semakin luas area permukaan daun maka transpirasi juga akan menjadi lebih besar. Umumnya, semakin luas permukaan daun maka volume daun akan semakin besar pula.     
Jawaban: B

Soal Biologi Sbmptn No.5 (2015)
Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, KECUALI...
A. Clostridium botulinum - penghasil toksin
B. Lactobacillus bulgaricus - sebagai probiotik
C. Streptomyces coelicolor - penghasil antibiotik
D. Candida albicans - penyebab keputihan pada wanita
E. Pseudomonas aeruginosa - pendegradasi limbah organik

Pembahasan:
Candida albicans  berperan dalam menyebabkan keputihan pada wanita. Namun demikian, Candida albicans adalah jenis jamur dan bukan merupakan mikroorganisme prokariotik melainkan mikroorganisme eukariotik.
Jawaban: D

Soal Biologi Sbmptn No.6 (2013)
Contoh yang benar dari tumbuhan yang memiliki tulang daun sejajar, ruas batang jelas, akar serabut, sistem pembuluh batang tersebar, dan keping biji tunggal adalah...
A. rumput, bambu, dan pepaya
B. jagung, tebu, dan jeruk
C. singkong, tebu, dan rumput
D. jagung, tebu, dan bambu
E. jeruk, bambu, dan tebu

Pembahasan:
Jagung, tebu, rumput, dan padi adalah tumbuhan monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki ciri yaitu; memliki tulang daun sejajar, ruas batang jelas, akar serabut, sistem pembuluh batang tersebar, dan keping biji tunggal. Sedangkan, pepaya, jeruk, dan singkong merupakan tumbukan dikotil.
Jawaban: D

Soal Biologi Sbmptn No.7 (2014)
Berikut ini merupakan ciri tumbuhan lumut, kecuali...
A. habitatnya ditempat lembab dan basah
B. tumbuhan peralihan antara talus dan kormus
C. hanya terjadi pertumbuhan memanjang
D. mempunyai rizhoid dan klorofil
E. reproduksi aseksual dengan spora diploid

Pembahasan:
Sistem reproduksi lumut dapat terjadi secara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual (generatif) pada tumbuhan lumut dilakukan melalui perkawinan antara gamet jantan dan gamet betina. Sedangkan reproduksi aseksual (vegetatif) dilakukan dengan dua cara, yaitu; membentuk spora haploid (n) yang bersifat homospora dan membentuk pundi kuncup (gemma cup).
Jawaban: E

Soal Biologi Sbmptn No.8 (2013)
Asma merupakan penyakit sesak napas yang dapat dipicu oleh alergi dingin dan debu.
SEBAB
Penderita asma memiliki alveolus yang menyempit dan menghasilkan lendir berlebihan

Pembahasan:
Salah satu gangguan yang dapat menyerang sistem pernapasan adalah asma. Asma merupakan penyempitan pada bronkus dan bronkiolus yang ditandai dengan sesak napas yang dapat dipicu oleh alergi dingin dan debu. Maka pernyataan benar, alasan atau sebabnya salah.
Jawaban: C

Soal Biologi Sbmptn No.9 (2017)
Semakin tua usia kehamilan, kadar hormon estrogen akan meningkat, sedangkan progesteron semakin sedikit.
SEBAB
Estrogen bersifat merangsang uterus untuk berkontraksi, sedangkan progesteron sebaliknya.

Pembahasan:
Pada masa awal kehamilan kadar hormon progesteron akan meningkat, hal ini diperlukan untuk mempertebal dinding rahim tempat menempelnya embrio (endometrium). Sementara itu, saat usia kehamilan sudah tua (menjelang kelahiran), kadar hormon progesteron akan menurun agar dapat meluruhkan endometrium. Maka pada soal di atas pernyatan benar namun alasan/sebab salah.
Jawaban: C

Soal Biologi Sbmptn No.10 (2017)
Manakah pernyataan berikut yang terkait dengan kaidah biologi?
(1) Orang yang berpuasa banyak menghasilkan ADH.
(2) Kerusakan reseptor insulin menyebabkan produk ATP berkurang.
(3) Hormon kortisol berfungsi menjaga tekanan darah.
(4) Protein tidak terdapat pada urin.

Pembahasan:
Semua pernyataan di atas benar.  
  • ADH adalah hormon yang mengatur kadar air dalam tubuh, saat berpuasa tubuh akan menghasilkan ADH (Antidiuretic Hormon) untuk mencegah keluarnya cairan dan menjaga agar tekanan darah tidak menurun.
  • ATP: Resptor insulin adalah tempat menempelnya insulin pada suatu sel agar bisa mengaktifkan GLUT (Glucose transporters). GLUT berfungsinya memasukkan glukosa ke dalam sel untuk dimetabolisme. Metabolisme glukosa akan menghasilkan ATP. Jika reseptor insulin tidak ada, maka semua proses diatas tidak dapat terjadi sehingga ATP berkurang.
  • Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional. Tidak hanya itu, hormon kortisol akan membantu mempertahankan tekanan darah tetap normal, sekaligus mengendalikan kadar gula darah dengan melepaskan insulin
  • normalnya protein memang tidak terdapat pada urin. protein bisa terdapat pada urin hanya pada kondisi tertentu saja, yang disebut proteinuria. Proteinuria (albuminuria) merupakan suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal.
Jawaban: E
Pembahasan Soal SBMPTN Biologi 2017/2018 Nomor  46-49 lihat disini.

1 komentar:


EmoticonEmoticon